RSS

Greg LeMond dan “Ban Serep”

14 Feb

Who is Mr. Greg LeMond?. Sebagian besar pemerhati balap sepeda Tour de France (TdF) memang lebih “mengenal” Lance Amstrong yang 7 kali juara TdF. Seperti juga Amstrong, LeMond adalah orang Amerika Serikat yang juga jadi juara TdF. Bedanya, LeMond adalah orang AS pertama yang menjadi juara TdF dan ia “hanya” 3 kali menjadi juara TdF. Bedanya lagi, LeMond “bersih” tidak pernah pakai doping, sementara Amstrong pernah terbukti pakai doping.

Lalu, apa keistimewaan Greg LeMond? Tergantung siapa yang melihat dan apa ukurannya. Dari segi kemampuan, LeMond tidak kalah dibandingkan dengan Amstrong. “Sial”nya, LeMond hidup dan bertanding di jaman Bernard Hinault, pebalap sepeda legendaris Perancis yang menjuarai TdF 5 kali berturut-turut.

LeMond dan Hinault berada dalam 1 tim yang sama. Karena berada dalam 1 tim yang sama dan seperti kata Ahmad Albar bahwa “dunia ini panggung sandiwara”, maka keluarlah “fatwa” bahwa LeMond tidak boleh juara selama Hinault belum 5 kali berturut-turut menjadi juara TdF. Entah takut kualat kalau melanggar “fatwa” atau mungkin juga karena bayarannya gede, LeMond memang seperti “anak manis”. Jasa LeMond kepada bangsa Perancis, khususnya kepada Hinault yang harus susah payah  merebut juara ke 5 kalinya TdF, relatif sangat besar dan tidak dapat dilupakan begitu saja.

Seperti juga Ruben Barichello yang dibayar untuk menjadi nomor dua dan “ban serep”, LeMond memang juga dibayar untuk menjadi nomor dua dan “ban serep”. Menjadi istimewa karena LeMond orang Amerika Serikat yang setali tiga uang dengan orang Jerman yang merasa Deutsch uber Alles. Keliru kalau beranggapan bahwa menjadi “ban serep” adalah gampang. Saya kok tidak begitu yakin, apakah Yang Mulia Paduka Prof. DR. M. Amien Rais, M.A., mau menjadi “ban serep”. Saya juga juga tidak yakin beliau bersedia menjalankan job description wakil presiden “gunting pita di sini, dan pukul gong di sana”.

Ternyata, tidak mudah untuk andap asor dan menang tanpa ngasorake. LeMond mungkin lebih tinggi wekasane ketimbang saya.

Kuningan, 24 Agustus 2005

Wisanggeni

 
Leave a comment

Posted by on February 14, 2011 in Selasar

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: