RSS

“Toilette Orchestra”

11 Jan

Pendapat manusia tentang toilette terbagi dua. Bagi sebagian orang, toilette adalah tempat yang kurang ramah lingkungan, atau lebih tepat “menjijikkan”. Sementara bagi orang lain, toilette adalah tempat yang “sesuatu banget”. Di toilette, imajinasi, inspirasi, gagasan-gagasan segar seringkali muncul.

Salah satu job description dari dinas rahasia Rusia KGB (Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti dalam bahasa Russia, atau dalam bahasa Inggris Committee for State Security) adalah mengamankan toilette yang digunakan oleh very important persons (VIP). Siapa tahu ada orang yang “iseng” meletakkan bom di toilette yang digunakan VIP.

Tetapi job description KGB bukan hanya pengamanan fisik toilette, melainkan juga isi dari toilette. Oops, jangan tertawa dulu. Tugas ini bukan tugas sepele dan mengada-ada. Para bodyguards  VIP yang gagah dan necis tersebut juga bertanggung jawab atas pengamanan kotoran dari VIP. Artinya, kotoran dari VIP itu tidak boleh jatuh kepada orang-orang yang berkepentingan, tetapi tidak berhak memperolehnya atau menguasainya.

Apa hubungan kotoran manusia dan dinas rahasia suatu negara? Kata kuncinya adalah informasi rahasia. Kotoran manusia berisi informasi sangat penting tentang kesehatan manusia. Jika kotoran itu milik VIP, maka kotoran itu termasuk barang berharga dan dikategorikan strictly confidential. Itulah sebabnya, dalam pemeriksaan kesehatan, uji tinja termasuk “rukun” (baca : prosedur) wajib yang tidak boleh ditinggalkan.

Picture courtesy of http://www.techdigest.tv.

Kotoran manusia memang dapat dianalogikan seperti sebuah black box di pesawat terbang. Warna dari black box sejatinya oranye “ngejreng”, bukan hitam. Tetapi bukan warna  yang penting, melainkan informasi yang terkandung di dalamnya yang lebih penting.

A flight data recorder (FDR) (also ADR, for accident data recorder) is an electronic device employed to record any instructions sent to any electronic systems on an aircraft. It is a device used to record specific aircraft performance parameters. Another kind of flight recorder is the cockpit voice recorder (CVR), which records conversation in the cockpit, radio communications between the cockpit crew and others (including conversation with air traffic control personnel), as well as ambient sounds.

Popularly referred to as a “black box”, the data recorded by the FDR is used for accident investigation, as well as for analyzing air safety issues, material degradation and engine performance.” (www.en.wikipedia.org)

Ketika menjabat sebagai Presiden Russia, Boris Yeltsin memiliki kekuasaan kuat, tetapi fisiknya sangat ringkih dan  sakit-sakitan. Tingkat kesehatan seorang kepala negara jelas sangat penting bagi siapapun.

Bagi negara lain, informasi tentang tingkat kesehatan seorang Presiden sangat penting untuk mengetahui prospek ke depan stabilitas politik dan keamanan di suatu kawasan. Adalah penting untuk mengetahui skenario suksesi kepemimpinan di masa depan, siapa yang sesungguhnya akan menjadi the real king. Apa visi kepemimpinan calon kuat dari suksesor, dan lain sebagainya.

Bagi spekulan dan investor di pasar keuangan maupun foreign direct investment, tingkat kesehatan seorang kepala negara diyakini berpengaruh terhadap tidak hanya stabilitas ekonomi, politik, dan keamanan, melainkan juga kepastian berinvestasi. Karena itu, keputusan investasi, secara tidak langsung dipengaruhi oleh tingkat kesehatan seorang kepala negara.

Bagi seorang dokter, ia dapat menganalisis tingkat kesehatan seseorang, jenis penyakit, dan tindakan medis yang akan direkomendasikan. Bagi orang yang bersangkutan yang diperiksa tinjanya, ia dapat mengetahui kondisi kesehatannya dan tindakan yang harus dilakukannya untuk hidup sehat.

Jadi, hal-hal yang tampaknya remeh temeh dan “menjijikkan”, ternyata sangat besar manfaatnya bagi manusia. Sudah menjadi kecenderungan manusia untuk selalu menganggap segala sesuatu yang tampak “remeh temeh”, apalagi “menjijikkan”, untuk diabaikan begitu saja.

Padahal, apapun yang ada di muka bumi, tidak ada yang sia-sia. Hanya dibutuhkan sedikit rasa heran untuk mendapatkan pengetahuan yang berguna bagi kehidupan. Benar kata orang Jawa, bahwa witing bisa jalaran saka kulina (orang menjadi tahu atau mampu karena kebiasaan). Tetapi, mungkin juga benar, bahwa witing bisa jalaran saka gumun (orang menjadi tahu atau mampu karena rasa heran).

Isaac Newton mungkin orang jenius. Tetapi jenius saja tidak cukup. Tanpa rasa heran tentang buah apel yang jatuh menimpa kepalanya, dan mengapa buah apel selalu jatuh ke bawah, mungkin Newton tidak akan pernah menemukan teori gravitasi bumi.

Cimahi, 7 Januari 2012.

 
Leave a comment

Posted by on January 11, 2012 in Selasar

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: